4 Rekomendasi Sumber Referensi yang Terpercaya dan Kredibel untuk Penyusunan Skripsi

        Dalam menyusun karya ilmiah baik berupa skripsi, KTI, esai, makalah, atau yang lainnya perlu menggunakan sumber referensi yang terpercaya. Hal ini agar informasi yang didapatkan benar-benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Dalam menyusun skripsi, kamu juga harus memperhatikan referensi yang kamu gunakan. Pastikan sumber referensinya terpercaya dan kredibel. Selain itu, ketika kamu mengutip dari sumber tersebut kamu juga harus memparafrase, membuat sitasi, dan membuat daftar pustakanya agar terhindar dari plagiarisme.  Informasi lebih lanjut terkait hal yang perlu dilakukan dalam menghindari plagiarisme, bisa kamu baca di sini ya. Untuk kamu yang masih bingung apa saja sumber referensi yang bisa digunakan dalam menyusun skripsi, mari simak penjelasannya berikut.

Rekomendasi Sumber Referensi Kredibel untuk Penyusunan Skripsi

1. Artikel Jurnal

        Artikel merupakan salah satu bentuk hasil karya kepenulisan. Artikel sendiri bisa berjenis ilmiah maupun non-ilmiah. Artikel yang bersifat ilmiah biasanya tersedia dalam Jurnal. Jurnal adalah kumpulan dari artikel-artikel ilmiah biasanya merupakan hasil penelitian. Sedangkan, artikel non-ilmiah biasa ditemukan pada website berita maupun website menyediakan konten blog dengan topik tertentu. Untuk sumber referensi yang tergolong terpercaya dan kredibel adalah artikel ilmiah yang ada di jurnal. Kamu bisa menggunakan artikel jurnal sebagai bahan referensi dalam menyusun skripsi.  Kamu bisa mengutip isi artikel yang sesuai tetapi harus mencantumkan sumbernya. Untuk mencari artikel jurnal kamu bisa mengakses beberapa website seperti Google ScholarSintaGarudaScience Direct, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gunakan artikel jurnal dengan rentang 5-10 tahun terakhir. Semakin terbaru tahunnya akan semakin bagus juga referensi yang kamu gunakan.

2. Buku

        Salah satu sumber referensi yang bisa kamu gunakan dalam menyusun skripsi adalah buku. Kamu bisa menggunakan buku yang sudah dicetak maupun dalam bentuk e-book. Buku menjadi sumber referensi wajib karena biasanya informasi yang dibahas dalam buku lebih lengkap sehingga bagus untuk dijadikan referensi maupun untuk dikutip dalam skripsi. Biasanya buku dijadikan referensi dalam menyusun tinjauan pustaka dan metode penelitian. Ketika menggunakan buku sebagai referensi/bahan kutipan jangan lupa untuk dicantumkan sumbernya. Untuk mendapatkan buku berbentuk pdf (ebook) kamu bisa mengakses PDF Drive. Kamu bisa mencari topik yang kamu butuhkan dan mendownload ebooknya secara gratis. 

3. Website Pemerintah

        Ketika menyusun skripsi kamu membutuhkan data-data berupa data kuantitatif. Kamu bisa mendapatkan data ini dari website pemerintah. Contoh data ini adalah jumlah produksi komoditas pertanian, jumlah angka pengangguran, luas lahan pertanian, dan lain sebagainya. Salah satu website pemerintah yang menyediakan banyak data adalah Badan Pusat Statistik. Dalam website ini, kamu bisa mendapatkan data yang kamu butuhkan dan menggunakannya dalam skripsimu. Ketika kamu mencantumkan data dari website pemerintah, maka skripsi kamu akan lebih bagus dan terpercaya. 

        Selain BPS, kamu juga bisa mendapatkan data di berbagai website kementerian maupun pemerintah daerah. Website kementerian meliputi Kementerian Pertanian (https://psp.pertanian.go.id/), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (https://www.menlhk.go.id/), Kementerian Keuangan (https://www.kemenkeu.go.id/), dan masih banyak lagi lainnya. Kemudian, untuk website pemerintah daerah misalnya Pemerintah Kabupaten Kediri (https://kedirikab.go.id/), Pemerintah Provinsi Jawa Timur (https://jatimprov.go.id/), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (https://jabarprov.go.id/), dan masih banyak lagi yang lainya. Perlu diingat bahwa setiap website pemerintah baik daerah maupun pusat ditandai dengan domain go.id sehingga jangan sampai salah dalam mencari website resmi pemerintah.

4. Skripsi Terdahulu

        Selain tiga sumber referensi di atas, kamu bisa menggunakan skripsi terdahulu sebagai referensi. Kamu bisa menjadikan acuan maupun mengutip isinya. Namun, pastikan bahwa kamu mencantumkan sumbernya. Untuk menggunakan skripsi terdahulu sebagai sumber referensi kamu harus mencari skripsi yang isinya full (lengkap) agar informasi yang kamu dapatkan lebih lengkap. Hindari menggunakan skripsi yang hanya bisa diakses bagian-bagian tertentu saja. Skripsi tiap kampus biasanya akan di simpan dalam repository. Untuk mengakses repository biasanya diminta harus login terlebih dahulu atau terbatas untuk mahasiswa kampus bersangkutan saja. Untuk mencari skripsi yang halamannya lengkap dan bisa didownload kamu bisa mencarinya melalui pencarian google secara langsung dengan menulis keyword dan tambahkan kata skripsi. Untuk menggunakan skripsi sebagai bahan referensi kamu harus mencari skripsi dengan tahun terbaru. 

Baca juga: Langkah Membuat Judul Skripsi

        Itu merupakan 4 rekomendasi sumber referensi yang bisa digunakan untuk menyusun skripsi. Sumber referensi di atas terpercaya dan kredibel sehingga bisa dijadikan sumber referensi. Semoga bermanfaat dan salam pejuang skripsi. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url