Kamu Mau Bimbingan Skripsi yang Pertama? Yuk Simak Hal yang Perlu Diperhatikan

       Langkah pertama dalam menyusun skripsi adalah bimbingan dengan dosen pembimbing. Baik itu dengan dosen pertama maupun kedua. Biasanya dosen akan menginstruksikan terkait pelaksanaan bimbingan. Tentu setiap dosen memiliki ketentuan masing-masing yang bisa jadi berbeda dengan dosen pembimbing lain. Jadi, kamu harus sesuaiin dengan instruksi yang diberikan dosenmu. Apakah bimbingan bisa melalui media online seperti WhatsApp ataukah diharuskan menemui beliau secara langsung. Untuk kamu yang mau bimbingan pertama secara langsung dan masih bingung harus persiapin apa. Yuk simak penjelasannya berikut.

Persiapan Bimbingan Pertama

        Sebelum kamu menemui dosen, kamu harus mengonfirmasi dahulu dengan Beliau apakah bisa ditemui atau tidak. Apabila sudah disepakati waktunya, maka kamu harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Catatan Outline Penelitian. Outline berisi ringkasan skripsimu. Outline dapat memuat latar belakang (fenomena, data, dan masalah), rumusan masalah, tujuan, teori, dan metode penelitian. Namun, outline tidak harus serinci ini. Kamu bisa mencantumkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
  2. Print-out Outline. Outline yang sudah kamu buat harus diprint agar memudahkan dosen pembimbing dalam memahami alur penelitianmu. Nantinya juga bisa kamu gunakan untuk menandai kekurangan atau masukan yang diberikan dosen pembimbing.
  3. Baca banyak literature dan pahami setiap detail outline. Kamu harus banyak baca literatur dan mencari informasi terkait isi dari outline mu. Kamu harus memahami setiap detail outline yang kamu buat.Nantinya dosen pasti akan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait outline mu sehingga kamu harus benar-benar paham.
  4. Bawa Alat Tulis. Alat tulis sangat penting untuk kamu bawa. Ini dapat kamu gunakan untuk mencatat setiap masukan, saran, dan pertanyaan yang diberikan dosen sehingga dapat kamu baca kembali saat di rumah. 
  5. Bawa HP. HP bisa kamu gunakan untuk merekam apa yang dosen sampaikan sehingga kamu bisa mendengarkan kembali saat di rumah. Rekaman sangat penting agar ketika ada informasi yang lupa tidak kamu catat, kamu bisa mendengarkannya dan mengingat kembali informasi tersebut.

Hal yang Dilakukan Saat Bimbingan Pertama

      Ketika kamu sudah mulai bimbingan dengan dosen pembimbingmu, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

  1. Perkenalkan dirimu Apabila dosen belum mengenal kamu maka kamu perlu memperkenalkan nama, kelas, dan sebagainya.
  2. Dengarkan dengan seksama setiap arahan, pertanyaan, maupun masukan yang diberikan. Ketika dosen memberikan arahan maka dengarkan dengan seksama. Apabila ada hal yang perlu kamu sampai maka sampaikan. Atau dosen  memberikan pertanyaan, maka jawablah dengan yakin sesuai apa yang kamu pahami.
  3. Catat setiap hal penting yang disampaikan dosen. Ketika dosen memberikan arahan dan saran maka catat semua informasi tersebut agar kamu tidak lupa. 
  4. Tandai kesalahan di Print-out yang kamu bawa. Ketika di dalam outline mu diberikan penjelasan bahwa ada yang salah maka berikan tanda di print-out mu sehingga memudahkan kamu dalam melakukan revisi. 
  5. Rekam apa yang disampaikan dosen. Selain mencatat, kamu juga bisa sambil merekam apa yang dosen sampaikan untuk meminimalisir adanya informasi penting yang lupa tidak dicatat.

Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Bimbingan Pertama

        Saat bimbingan pertama, aku melakukan beberapa kesalahan dan ini harus kamu hindari saat melakukan bimbingan. Kesalahan yang harus dihindari saat bimbingan pertama.

  1. Lupa tidak membawa print-out outine penelitian. Pastika saat pertama bimbingan, kamu harus membawa outline penelitian dalam bentuk print-out. Terdapat beberapa dosen yang menghendaki hal ini. Jadi, sebaiknya memang membawa print-out outline penelitian.
  2. Tidak mencatat apa yang disampaikan dosen. Kesalahan selanjutnya yang cukup fatal adalah tidak mencatat informasi yang disampaikan dosen.Jika kamu orang yang gampang lupa maka kamu menghindari hal ini karena bisa berakibat fatal. Atau jika memang kamu lupa tidak mencatat saat itu juga, maka kamu harus segera mencatat saat di rumah. Hal ini agar informasi penting tersebut tidak menguap begitu saja. 
  3. Tidak merekam apa yang disampaikan dosen. Terkadang penjelasan dosen terlalu cepat sehingga merekam adalah solusi yang tepat. Jadi sebisa mungkin kamu harus merekamnya. Hindari lupa merekam saat melakukan bimbingan skripsi.
  4. Tidak bertanya apabila ada yang kurang dipahami. Saat bimbingan pertama tentu ada informasi baru yang kamu dapatkan dari dosen. Apabila ada yang kurang kamu pahami, maka tanyakan dan konfirmasikan ke beliau. Jangan hanya manggut-manggut tapi tidak paham dan akhirnya kamu kebingungan saat menyusun skripsi di rumah. Jadi tidak bertanya adalah hal yang harus kamu hindari.
        Itu adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan baik saat persiapan maupun pelaksanaan bimbingan. Semoga bermanfaat dan semangat skripsiannya. Semoga bisa segera selesai dan bisa lulus tepat waktu. Aamiin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url