Mendeleymu Error? Yuk Simak Cara Mengatasi Mendeley Error atau Tidak Bisa Dibuka yang Bisa Kamu Coba!

         Mendeley merupakan salah satu tools yang dapat digunakan dalam penyusunan daftar pustaka. Mendeley ini bersifat gratis sehingga menjadi opsi yang tepat untuk digunakan dalam kepenulisan. Selain Mendeley, tools lain yang dapat digunakan dalam penyusunan daftar pustaka adalah Zotero, End Note, dan lain sebagainya. Namun, tools lain bersifat berbayar sehingga tools yang populer digunakan adalah Mendeley. Dalam penyusunan karya ilmiah, penggunaan Mendeley ini banyak yang mewajibkan sebagai tools pendukung misalnya dalam penulisan artikel jurnal, skripsi, disertasi, dan sebagainya. Mendeley memiliki versi lama dan versi baru. Versi lama biasanya disebut Mendeley Desktop dan Mendeley Reference Manager. Lalu apa perbedaan keduanya? Secara umum kegunaannya sama, hanya berbeda pada tampilannya. Namun, Mendeley Reference Manager hanya dapat dihubungkan Microsoft Word Versi  2016 atas sehingga versi di bawahnya hanya bisa menggunakan Mendeley Desktop. Namun, jangan berkecil hati. Mendeley Desktop juga sudah dapat membantu jika digunakan dengan benar. 

Simak juga: Teknik Parafrase untuk Menghindari Plagiarisme

Mendeley Desktop Tidak Bisa Dibuka Cara Mengatasinya

    Di sisi lain, terkadang Mendeley Desktop mengalami eror. Apakah kamu mengalami Mendeley Desktop eror atau tidak bisa dibuka? Jika benar, aku sudah pernah mengalaminya juga. Di sini aku akan membagikan cara untuk mengatasi Mendeley eror atau tidak bisa tersebut. Oh iya, Mendeley dengan permasalahan seperti ini dapat disebabkan oleh software pendukung komputer yang digunakan memiliki versi yang rendah misalnya pada Windows atau Microsoft sehingga tidak mendukung untuk penggunaan Mendeley. Permasalahan ini ditandai dengan adanya notifikasi seperti di bawah ini ketika Mendeley dibuka (setelah diinstal). 

       Solusi mengatasi kondisi Mendeley di atas, kamu bisa mendownload Mendeley Desktop dengan versi yang lebih lama  dan meng-uninstal aplikasi Mendeley yang sebelumnya. Hal ini agar sesuai dengan kondisi software yang ada di laptomu atau bisa dikatakan kompatibel. Untuk cara lengkapnya akan dijelaskan di bawah. 

Cara Mendownload Mendeley Versi Lebih Lama

1. Ketik mendeley desktop old version pencarian google dan pilih web paling atas (web dengan nama uptodown). Atau langsung klik link berikut https://mendeley-desktop.en.uptodown.com/windows/versions.

2. Setelah web terbuka, scrool ke bawah hingga menemukan berbagai versi Mendeley versi lama. Pilih versi terlama atau bisa disesauikan dengan kemampuan laptopmu. Lebih amannya, pilih Mendeley versi terlama. Hal ini dipastikan bisa sesuai dengan laptopmu. Misalnya pilih versi 1.17.7 yang diluncurkan pada 9 Februari 2017.

3. Klik versi yang dipilih dan tekan Download.

4. Tunggu hingga selesai terdownload dan kemudian instal aplikasi Mendeley tersebut.

5. Buka aplikasi Mendeley Desktop yang sudah terinstal dan tulisan mendeley can't start sudah hilang.

6. Selanjutnya, langsung sign in jika kamu sudah mempunyai akun atau klik register jika kamu belum memiliki akun sebelumnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url