Kamu Mahasiswa Introvert? Simak Nih Tips Sukses Kuliah Buat Introvert

        Sebagai mahasiswa yang introvert, aku juga merasakan apa yang kamu rasain. Gak aktif di dalam kelas, gak berani speak up atau nanya ke dosen kalo bingung, suka minder sama mereka yang pinter ngomong atau aktif dalam hal apapun, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aku tahu kalo kamu juga ingin seperti mereka, tapi memang sulit untuk seperti mereka. Bahkan sebagai introvert, kita pasti sering dipandang sebelah mata dan dianggap menyusahkan mereka  dalam hal presentasi atau sejenisnya. Bukannya kita gak mau, tapi memang kita tak berani dan itu gak dipahami oleh mereka yang tergolong ekstrovert. Tapi satu hal yang aku tanamkan dalam diriku bahwa memang setiap orang itu berbeda. Mungkin aku tak pandai berbicara dan sering menghindari kegiatan berbicara di depan umum. Namun, aku percaya pasti aku memiliki kemampuan yang mereka miliki. Dan kamu pun demikian. Jangan menyalahkan diri jika memang kamu adalah seorang mahasiswa yang introvert. Biasanya seorang introvert lebih suka menulis dibandingkan mengungkapkannya dengan berbicara langsung. Hal ini memang introvert kurang percaya diri tampil di depan orang banyak. Namun, bukan berarti kita gak bisa sukses ya. Kita bisa dan pasti bisa. Meskipun memang lebih sulit. Sukses dalam kuliah mungkin bagi setiap orang memiliki definisi yang berbeda. Tapi di sini, menurutmu sukses kuliah bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu, bisa menjalani kuliah dengan baik, dan bisa mendapatkan hasil terbaik (IPK yang lumayan). Intinya sukses di sini, kita bisa menyelesaikan kuliah sampai wisuda dengan hasil terbaik sesuai kemampuan kita. 

So, buat kamu mahasiswa yang ngerasa introvert, simak nih tips sukses kuliah meskipun seorang introvert.

1. Rajin dan Mengikuti Aturan

        Memang pintar ngomong atau aktif di kelas itu menjadi salah satu privilege tersendiri. Biasanya mereka akan mudah dikenal dosen dan mendapatkan nilai tinggi karena aktif. Namun, kamu juga punya kesempatan yang sama kok buat dapet nilai yang tinggi. Jika mereka pandai bicara, maka kamu harus pandai dan rajin belajar. Ikuti semua aturan yang ada. Mungkin kamu gak dapet nilai keaktifan, tetapi selama kamu mau mengikuti aturan dan lebih rajin kamu juga bisa punya kesempatan dikenal dosen. Karna ada juga dosen yang memahami bahwa gak semua mahasiswa bisa aktif. Terkadang ada yang pintar tetapi tidak percaya diri dan gak berani untuk menunjukkannya. Selain itu, kamu jugaa harus mengikuti kegiatan wajib seperti KKN, Magang, dan lain sebagainya.

2. Tekuni Bidang yang Kamu Senangi dan Jadilah Kompeten

        Jika kamu menyukai bidang tertentu maka tekunilah. Hal ini akan memberikanmu nilai plus meskipun kamu tidak aktif di dalam kelas. Misal kamu suka menulis atau mendesain atau yang lainnya, maka cobalah untuk lebih mendalaminya. Untuk mengasah kemampuanmu, kamu bisa mencoba berbagai lomba dan akan kompeten dalam bidang tersebut. Misalnya ketika kamu juara dalam berbagai lomba kepenulisan, tentu kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas menulis di perkuliahan maupun skripsi nantinya. Selain itu, kamu juga akan punya privilege di mata dosen karena prestasi. Jadi meskipun kamu gak aktif di dalam kelas, tapi kamu punya banyak prestasi dan punya kemampuan lebih yang menjadi nilai plus. 

3. Ikut Kegiatan yang Tidak Menuntutmu Banyak Bicara

        Sebagai mahasiswa,tentu kita gak boleh cuma jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang kuliah-pulang. Kamu juga harus punya banyak pengalaman dan keterampilan meskipun kamu introvert. Sebagai introvert, kamu pasti menghindari kegiatan yang menuntutmu banyak bicara seperti bertanya di dalam kelas, memberikan pendapat, atau menjadi moderator, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu coba ikuti kegiatan yang gak menuntutmu untuk ber public speaking misalnya ikut organisasi kepenulisan, organisasi peduli alam, atau lomba-lomba. Intinya kegiatan yang membuatmu nyaman dan meningkatkan skill. 

4. Selesaikan Semua Tugas dengan Baik dan Maksimal

        Kunci untuk kamu introvert yang gak aktif di kelas, kamu harus memaksimalkan dalam penugasan maupun ujian. Karena keduanya salah satu yang memiliki pengaruh besar pada penilaian. Untuk sukses kuliah, kamu harus menyelesaikan kuliah tepat waktu. Yakni dengan menyelesaikan tugas maupun ujian dengan baik. Meskipun kamu gak dapet nilai keaktifan, tapi kamu bisa tetep dapet nilai tinggi dari hasil pengerjaanmu yang bagus. 

5. Ambil Setiap Kesempatan di Depanmu

        Selagi ada kesempatan yang membuatmu berkembang maka ambillah. Entah berkaitan dengan public speaking atau bukan, maka coba ambil. Jika berkaitan dengan public speaking maka akan melatih kepercayaan dirimu untuk tampil dan bisa lebih aktif lagi. Tapi, kamu juga bisa ambil kesempatan yang lain misal ikut dalam kegiatan dosen seperti pengabdian maupun penelitian. Memang public speaking penting, tetapi ada skill lain yang juga gak kalah penting. Jika kamu diajak dosen maka ikutlah. Itu berarti dosen melihat skill yang kamu miliki meskipun kamu gak pandai berbicara di depan umum atau tergolong aktif. Ini akan menambah nilaimu di mata dosen dan tentu berpengaruh pada nilaimu kuliah.

6. Konsultasi ke Dosen yang Menurutmu Baik dan Teman yang Akrab

        Jika memang kamu ada yang bingung atau tidak paham dan kamu gak berani untuk bertanya di dalam kelas. Maka, kamu bisa bertanya ke temanmu yang akrab dan baik sehingga kamu tidak ketinggalan info. Kemudian, kamu juga bisa konsultasi ke dosen tentang materi kuliah maupun hal lain seperti perlombaan yang kamu ikuti. Intinya sering-seringlah berkomunikasi dengan orang yang menurutmu baik dan mintalah info padanya. Konsultasi juga menunjukkan kamu aktif hanya saja tidak berani bertanya di dalam kelas. Jangan sampai kamu ketinggalan info ya, biar kuliahmu lancar dan sukses.

Semoga sukses buat kita semua. Ingat, introvert tidak boleh menghalangimu berkembangan dan sukses dalam perkuliahan. Semangat ya. Jadilah terbaik versi kamu sendiri. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url