Mau Nambah Uang Saku? Intip Yuk 6 Tips Dapet Cuan Buat Mahasiswa



        Sebagai mahasiswa tentu memerlukan biaya yang sangat banyak. Entah itu biaya kuliah, biah hidup, dan lain sebagainya. Untuk mahasiswa yang mungkin dari keluarga sederhana, tentu memiliki keinginan untuk mendapatkan uang saku tambahn yang bisa sedikit meringankan beban orang tua. Untuk kamu yang sedang dalam kondisi demikian, simak yuk 6 tips dapet cuan buat mahasiswa berikut. 

1. Cari Beasiswa

Salah satu cara untuk dapet tambahan uang saku buat mahasiswa adalah beasiswa. Apalagi kalo kamu berprestasi, pasti punya peluang besar untuk dapet beasiswa. Tapi inget ya, beasiswa digunain untuk kepentingan kuliah atau biaya hidup bukan buat memenuhi GAYA HIDUP. Beasiswapun saat ini banyak banget, ada yang dari pemerintahan ada yang dari swasta. Contoh dari pemerintahan : KIPK Kuliah, Beasiswa Unggulan, dan masih lagi lainbya. Dari swasta juga beragam, misalnya beasiswa dari Djarum, Astra, dan lain sebagainya. Kamu bisa cari info lewat internet atau sosmed. Menurutku, beasiswa ini sangat membantu buat kamu yang emang bener-bener niat kuliah dan butuh uang saku tambahan. 

2. Ikut Lomba

Kalo kamu pinter atau ahli dalam bidang tertentu misalnya nulis, desain, nari, nyanyi, atau yang lainnya, maka kamu bisa berbagai lomba. Kalo kamu bisa juara, tentu bakal dapet hadiah berupa cuan. Ini dapat menambah uang saku kamu sebagai mahasiswa. Menurutku, mahasiswa tuh punya privillege tersendiri, ini terbukti dari banyaknya lomba yang dibuka buat mahasiswa. So, langsung ikutan lomba. Sesuaikan sama kemampuan kalian ya. 

3. Ikut Kegiatan Dosen

Kalo kamu pinter atau rajin atau aktif, biasanya kamu akan mudah disenangi dosen. Meskipun kamu gak tergolong pinter atau aktif, tapi kalo kamu bisa nunjukin kemampuanmu pasti dosen akan ada yang senang sama kamu. Kalo udah kayak gini, kamu bakal diajakin buat ikut kegiatannya. Bisa berupa penelitian dan sebagainya. Kalo ikut kegiatan dosen, sudah pasti kamu akan diberikan uang saku karena udah membantunya. So, ini perlu kamu coba. Selain nambah uang saku, kamu bisa dapet pengalaman loh. 

4. Jadi Asisten Praktikum

Biasanya ada banyak mata kuliah yang ada praktikumnya. Nah, ini kesempatan kamu buat ikutan. Biasanya praktikum akan diajar oleh mahasiswa yang bisa dipanggil Asisten Praktikum (Asprak). Tentu saja, kalo kamu jadi Asprak kamu akan dibayar. Lumayan kan, bisa nambah pengalaman di CV plus dapet cuan lagi kan. So, ini perlu kamu coba. 

5. Kerja Part Time/Freelance

Biasanya jadwal kuliah kan gak penuh ya, nah ini bisa kamu manfaatkan buat kerja part time/freelance. Di sekitar kampus, pasti ada banyak usaha-usaha yang bisa kalian coba buat lamar. Mungkin emang gak mudah nyarinya, kebanyakan tempat kerja menyertakan persyaratan tidak boleh sambil kuliah. Tapi tenang aja, ada juga kok yang menerima mahasiswa. Mereka biasanya mahasiswa juga butuh kerjaan dan mungkin waktunya kurang teratur tapi percayalah mereka adalah orang baik yang memahamimu sebagai anak kuliah. Lowongan yang bisa kalian coba adalah tempat laundry, tempat fotocopy, cafe, rumah makan, dan lainnya sebagainya. So, sering-sering cari info dan jangan malu ya. 

6. Bisnis sendiri

Kalo kamu yang lebih fleksibel, kamu bisa nyoba bisnis sendiri. Sesuaikan dengan kemampuan kamu. Kall kamu pinter masak ya coba jualan makanan atau minuman. Kamu bisa coba dengan sistem pre-order. Kalo kamu bisnis sendiri, kamu bisa nyesuaiin waktu kerja sama waktu kuliah. So, bisnis sendiri bisa kalian coba. 


Itu adalah 6 cara buat dapet tambahan cuan. So, silahkan dicoba mana yang cocok buat kamu. Semangatt ya, bentar lagi wisuda nih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url