Apa Itu Grand Theory, Middle Theory, dan Micro Theory dalam Skripsi?

NOPHYTTA - Salah satu bagian penting yang harus ada dalam skripsi adalah teori. Teori sangat penting dalam skripsi. Hal ini karena teori menjadi landasan dan acuan dalam melakukan suatu penelitian. Teori dalam skripsi dijelaskan dalam Bab 2. Konsep dalam teori harus dipahami oleh mahasiswa karena tanpa pemahaman teori akan menyulitkan dalam penulisan bab selanjutnya maupun untuk penelitian itu sendiri. 

Secara umum, terdapat 3 jenis teori yang melandasi suatu penelitian dalam skripsi. Teori tersebut meliputi Grand Theory, Middle Theory, dan Micro (Applied) Theory. Sebagai pejuang skripsi kamu harus memahami ketiga teori tersebut. 

Untuk mempermudah dalam memahami ketiga teori tersebut, maka dipilih judul Analisis Rantai Nilai dan Efisiensi Pemasaran. Penjelasan lebih lanjut bisa kamu simak di bawah ini.

GRAND THEORY

Secara sederhana, dalam menyusun skripsi harus dilandasi teori utama. Teori utama ini disebut grand theory. Grand theory merupakan teori besar yang didalamnya terdapat banyak teori-teori lainnya. Teori lainnya merupakan hasil pengembangan dari teori dasar yang dicetuskan, oleh ahli contoh dari grand theory adalah sebagai berikut.

Teori Value Chain (Rantai Nilai)

Teori ini dibuat oleh Porter pada tahun 1985 sehingga disebut Teori Porter. Teori Porter menyebutkan rantai nilai mencakup 2 kegiatan yakni kegiatan primer dan kegiatan pendukung. Kedua kegiatan ini dibuat dalam suatu model yang dinamakan Model Rantai Nilai Porter (Porter’s Value Chain).

Teori Gender

Teori ini mulai ada sejak tahun 1960. Teori gender merupakan teori untuk membedakan peran perempuan dan laki-laki sehingga memunculkan perbedaan perlakukan perempuan dan laki-laki di masyarakat. Menurut teori ini, perbedaan tersebut terjadi karena adanya perbedaan faktor biologis antara perempuan dan laki-laki.

Apeabila dikaitkan dengan judul yang sudah ditentukan, maka grand theory nya adalah Teori Value Chain Porter. 

MIDDLE THEORY

Middle theory merupakan teori penghubung antara middle theory dan micro (applied theory). Middle theory ini adalah bagian dari grand theory. Teori ini masih tergolong umum. Dalam artian ini merupakan poin utama yang digunakan dalam teori, tetapi di dalamnya ada berbagai teori yang bisa diterapkan. Teori inilah yang diterapkan dalam penelitian. 

Apabila dikaitkan dengan judul yang sudah ditentukan, maka middle theory nya adalah Teori Pemasaran dan Teori Nilai Tambah. Hal ini karena pemasaran menjadi salah satu aktivitas dalam rantai nilai pemasaran.

MICRO (APPLIED) THEORY

Micro (Applied) Theory merupakan teori yang diterapkan dalam penelitian. Teori ini lebih spesifik lagi dibandingkan teori Middle.Teori ini bisa berisi indikator dalam topik di Middle Theory. Sederhananya, teori yang kamu gunakan untuk menganalisis variabel yang dipilih itu disebut Micro (Applied Theory). Grand Theory atau Middle Theory dalam skripsi hanya 1 atau 2 saja. Sedangkan, untuk applied theory bisa menggunakan 2, 3, bahkan lebih dalam suatu skripsi. Untuk memudahkan dalam memahami teori ini, maka lihatlah contoh di bawah ini. 

Apabila dikaitkan dengan judul yang sudah ditentukan, maka micro theory yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

Teori Rantai Nilai terkait cakupan dalam analisis rantai nilai

Misalnya teori dari Fauziah & Andri (2015) yang mengatakan bahwa cakupan dalam analisis rantai nilai ada tiga yakni Pemetaan Rantai Nilai, Kuantifikasi Rantai Nilai, dan Analisis Ekonomi Rantai Nilai.

Teori Nilai Tambah dari Hayami (dalam Muharom, dkk., 2019)

Teori ini mengatakan bahwa peningkatan nilai tambah bisa terjadi karena adanya perubahan seperti perubahan bentuk, perubahan waktu, perubahan tempat, dan perubahan kepemilikan. 

Teori Efisiensi Pemasaran dari Saefuddin dan Hanafiah (dalam Dalimunthe, 2023) 

Teori ini mengatakan bahwa terdapat dua jenis efisiensi pemasaran yakni efisiensi pemasaran dan efisiensi harga.

Teori Integrasi Pasar dari Carolina, dkk. (2016)

Teori ini mengatakan bahwa integrasi pasar terbagi menjadi dua yakni integrasi pasar vertikal dan integrasi pasar horizontal. 

Itu merupakan pembagian ketiga teori yang ada dalam skripsi. Namun, secara umum yang harus benar-benar kamu pahami adalah grand theory dan micro theory. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Salam pejuang skripsi.

REFERENSI

Carolina, R.A., dkk. (2016). Analisis Volatilitas Harga dan Integrasi Pasar Kedelai Indonesia dengan Pasar Kedelai Dunia. Jurnal Agro Ekonomi. Vol. 34(1): 47‒66. http://dx.doi.org/10.21082/jae.v34n1.2016.47‒66.

Dalimunthe, O. T. (2023). Analisis Efisiensi Pemasaran pada Tingkat Saluran Pemasaran Industri Rumah Tangga Produk Olahan Ubi Kayu di Desa Sukasari Kecamatan Pengajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi. Universitas Medan Area.

Fauziah, U., & Andri, I. (2015). Analisis Rantai Nilai Distribusi Kopi di Kabupaten Garut.  Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut. 13(1): 1-8

Lihawa, A., Hendra, U., & Abdul, R. (2021). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) pada Komoditas Jagung. Jambura Industrial Review. 1(2): 94-103.

Muharom, Y. P., dkk. (2019). Analisis Nilai Tambah Industri Pengolahan Ikan Tuna di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 10(2): 9-16.

Suhapto, R. (1995). Gender dan Permasalahannya. Buletin Psikologi. 1: 44-50.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url