4 Hal yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer, Pemula yang Mau Berkarier di Digital Marketing Wajib Tahu!
NOPHYTTA
– Semakin
mengarahnya era saat ini ke arah digitalisasi, semua bidang dituntut untuk
adaptif. Salah satunya adalah bidang pemasaran. Saat ini, marak disebut dengan digital marketing. Hal ini melahirkan
banyak profesi-profesi baru dalam berkarier di dunia digital marketing.
BACA JUGA: 5 Alasan Content Writing Menjadi Kunci Sukses Digital Marketing
Profesi tersebut misalnya Content Writer, Copywriter, Social Media
Spesialist, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk kamu yang ingin
berkarier di dalam dunia digital
marketing dan memiliki ketertarikan menjadi content writer, ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai.
Berikut adalah 4 hal perlu dikuasai oleh content writer yang berkarier dalam
dunia digital marketing.
1. Kreativitas dalam Penulisan
Basic
dalam content writing adalah kata-kata atau penulisan, sehingga untuk menjadi
content writer harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Kemampuan ini
mencakup tata kepenulisan, tata bahasa, pemilihan kata, dan struktur narasi
yang sesuai. Selain itu, seorang content
writer juga harus memiliki kreativitas yang tinggi.
Kretivitas dalam penulisan terlihat dari kemampuan
dalam menggunakan gaya kepenulisan da mampu menyampaikan pesan dalam konten
yang dapat diterima serta menarik bagi audiens.
2.
Pemahaman
SEO (Search Engine Optimization)
Untuk konten yang dipublikasikan dalam blog website,
maka seorang content writer harus
memiliki pemahaman yang baik terkait konsep SEO. Sederhanya, konsep SEO adalah
konten yang dibuat dapat muncul pada mesin pencarian dan muncul pada halaman
pertama.
Dengan adanya kemampuan SEO, maka dapat meningkatkan visibilits online konten yang telah dibuat. Oleh karena itu, seorang content writer harus memahami SEO dan mengoptimalkannya dalam blog websitenya.
3. Kemampuan Riset Pasar dan Audiens
Untuk
bisa membuat konten yang berkualitas, seorang content writer harus memiliki
kemampuan dalam riset. Kemampuan riset ini mencakup siapa target audiensnya,
apa yang dibutuhkan audiens, dan bagaiman trend yang ada di pasar. Hal ini agar
konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan audiens sehingga dapat diterima
dengan baik oleh audiens.
4. Adaptif dan Fleksibel
Hal
yang perlu dikuasai lainnya oleh content
writer adalah adaptif dan fleksibel. Artinya seorang content writer harus mampu beradaptasi dengan trend yang terjadi
maupun keinginan audiens. Dalam hal ini, content
writer harus fleksibel sehingga bisa menyesuaikan kondisi, tidak hanya kaku
dan sesuai dengan yang diinginkanya saja.
Itu adalah 4 hal utama yang wajib
dikuasai seseorang yang mau berkarier menjadi content writer dalam dunia digital
marketing. Kemampuan tersebut bisa terus diasah dengan semakin seringnya
melakukan pembuatan konten. Untuk kamu yang tertarik menjadi content writer,
bisa mulai untuk sering-sering membuat konten agar terbiasa dan bisa
menghasilkan konten yang berkualitas.