4 Hal yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer, Pemula yang Mau Berkarier di Digital Marketing Wajib Tahu!

NOPHYTTA – Semakin mengarahnya era saat ini ke arah digitalisasi, semua bidang dituntut untuk adaptif. Salah satunya adalah bidang pemasaran. Saat ini, marak disebut dengan digital marketing. Hal ini melahirkan banyak profesi-profesi baru dalam berkarier di dunia digital marketing.

BACA JUGA: 5 Alasan Content Writing Menjadi Kunci Sukses Digital Marketing

Profesi tersebut misalnya Content Writer, Copywriter, Social Media Spesialist, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk kamu yang ingin berkarier di dalam dunia digital marketing dan memiliki ketertarikan menjadi content writer, ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai.

Berikut adalah  4 hal perlu dikuasai oleh content writer yang berkarier dalam dunia digital marketing.

1.      Kreativitas dalam Penulisan

Basic dalam content writing adalah kata-kata atau penulisan, sehingga untuk menjadi content writer harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Kemampuan ini mencakup tata kepenulisan, tata bahasa, pemilihan kata, dan struktur narasi yang sesuai. Selain itu, seorang content writer juga harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Kretivitas dalam penulisan terlihat dari kemampuan dalam menggunakan gaya kepenulisan da mampu menyampaikan pesan dalam konten yang dapat diterima serta menarik bagi audiens.

2.      Pemahaman SEO (Search Engine Optimization)

Untuk konten yang dipublikasikan dalam blog website, maka seorang content writer harus memiliki pemahaman yang baik terkait konsep SEO. Sederhanya, konsep SEO adalah konten yang dibuat dapat muncul pada mesin pencarian dan muncul pada halaman pertama.

Dengan adanya kemampuan SEO, maka dapat meningkatkan visibilits online konten yang telah dibuat. Oleh karena itu, seorang content writer harus memahami SEO dan mengoptimalkannya dalam blog websitenya.

3.      Kemampuan Riset Pasar dan Audiens

Untuk bisa membuat konten yang berkualitas, seorang content writer harus memiliki kemampuan dalam riset. Kemampuan riset ini mencakup siapa target audiensnya, apa yang dibutuhkan audiens, dan bagaiman trend yang ada di pasar. Hal ini agar konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan audiens sehingga dapat diterima dengan baik oleh audiens.

4.      Adaptif dan Fleksibel

Hal yang perlu dikuasai lainnya oleh content writer adalah adaptif dan fleksibel. Artinya seorang content writer harus mampu beradaptasi dengan trend yang terjadi maupun keinginan audiens. Dalam hal ini, content writer harus fleksibel sehingga bisa menyesuaikan kondisi, tidak hanya kaku dan sesuai dengan yang diinginkanya saja.

Itu adalah 4 hal utama yang wajib dikuasai seseorang yang mau berkarier menjadi content writer dalam dunia digital marketing. Kemampuan tersebut bisa terus diasah dengan semakin seringnya melakukan pembuatan konten. Untuk kamu yang tertarik menjadi content writer, bisa mulai untuk sering-sering membuat konten agar terbiasa dan bisa menghasilkan konten yang berkualitas.

 

 

           

  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url