The Power of Words: 5 Alasan Content Writing Menjadi Kunci Sukses Digital Marketing
NOPHYTTA - Saat ini, eranya semakin ke arah digitalisasi. Semua serba digital sehingga semua bidang harus melakukan penyesuaian agar tidak tertinggal. Salah satu bidang yang gencar digaungkan adalah pemasaran yang menggunakan sistem digital marketing. Dalam menerapkan digital marketing, salah satu yang dibisa dioptimalkan adalah content writing.
Content writing
dapat diartikan sebagai suatu kegiatan membuat konten berkualitas yang
bisa dipublikasikan di blog website
maupun sosial media seperti instagram, facebook, dan lainnya. Blog maupun
sosial media memiliki karakteristik yang berbeda sehingga konten yang dibuat
harus disesuaikan dengan tujuan publikasinya.
BACA JUGA: Hal yang Perlu Dikuasai oleh Content Writer Pemula
Orang
yang biasa membuat konten (content
writing) disebut dengan content
writer. Content writing identik
dengan penggunaan kata-kata dan tulisan yang sangat penting dalam digital marketing. Namun, content writing
tidak hanya tentang penulisan kata-kata saja, tetapi juga tentang strategi
pemasaran, SEO (Search Engine
Optimization), dan apa yang dibutuhkan target audiensnya.
Berikut
adalah 5 alasan content writing
menjadi kunci sukses digital marketing.
1.
Membangun
hubungan yang baik dengan audiens
Melalui konten-konten yang berkualitas dan
dipublikasikan secara berkala dapat membangun interaksi dengan audiens. Semakin
sering dan banyak konten serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan audiens maka
akan membangun hubungan yang baik dari suatu perusahaan dengan audiens.
Konten yang yang di media sosial seperti instagram
misalnya, dapat digunakan sebagai media untuk mencari tahu kebutuhan konsumen
sehingga ketika konten selanjutnya dapat sesuai dengan kebutuhan audiens maka
akan membangun interaksi dan hubungan yang baik di antara keduanya.
2.
Membangun
Citra Merek
Ketika konten yang dibuat berkualitas dan mampu
memberikan informasi yang benar tentang suatu merek maka akan menambah nilai
suatu merek. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap citra merek tersebut.
Semakin bagus konten yang dibuat maka akan membangun citra merek yang semakin
baik juga.
3.
Media
edukasi pelanggan
Dengan adanya
content writing, dapat menjadi suatu media yang memberikan informasi
terkait suatu merek kepada audiens maupun yang sudah menjadi pelanggan. Selain
memberikan informasi terkait merek, content
writing juga memberikan informasi apa yang harus dilakukan audiens
selanjutnya dan hal ini mengarah pada keputusan audiens untuk melakukan
pembelian terhadap suatu merek.
4.
Meningkatkan
konversi audiens menjadi pelanggan
Ketika audiens sudah menerima informasi terkait
merek dan citra merek juga sudah terbangun, maka ini akan meningkatkan potensi
untuk audiens melakukan pembelian. Dengan kata lain, yang awalnya hanya menjadi
audiens maka akan berubah menjadi pelanggan.
5.
Pemasaran
berkelanjutan
Content writing yang
semakin intens akan menjadi media pemasaran yang berkelanjutan. Dalam hal ini,
akan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan menjadikan
pelanggan loyalitas dengan merek maupun perusahaan.
Itu
adalah 5 alasan content writing
menjadi kunci sukses digital marketing.
Dengan melihat hal tersebut, maka content writing harus dioptimalkan agar
sesuai dan mampu menyukseskan digital
marketing suatu produk maupun perusahaan.