Lakukan Tips Ini, Nilai Skripsi Auto A

NOPHYTTA - Skripsi merupakan tugas akhir yang paling umum diterapkan di kampus/perguruan tinggi. Meskipun setiap kampus atau fakultas memiliki kebijakan tersendiri terkait jenis tugas akhir yang bisa dipilih mahasiswa selain skripsi. Sampai detik ini, skripsi masih menjadi opsi yang paling banyak dipilih.

Di Universitas Brawijaya khususnya Fakultas Pertanian (FP), skripsi menjadi mata kuliah sebagai tugas akhir yang memiliki bobot 6 sks. Nilai akhir skripsi merupakan akumulasi dari Nilai Sempro, Semhas, dan Kompre. 

Tentu untuk kamu yang menginginkan nilai skripsi A maka harus mendapatkan nilai yang bagus dari ketiga tahap tersebut. Berikut adalah tips yang kamu bisa terapkan agar nilai skripsi A.

1. Kuasai Skripsimu

Setiap dosen tentu berbeda-beda dalam memberikan penilian kepada mahasiswa bimbingannya. Namun, semakin kamu paham dengan skripsimu maka semakin besar juga kemungkinan kamu mendapat nilai tinggi. Hal ini karena semakin kamu paham dengan isi skripsimu artinya kamu mengerjakannnya sendiri. 

Ini berlaku saat kamu bimbingan maupun ujian. Dosen biasanya akan memberikan pertanyaan yang harus kamu jawab. Semakin kamu mampu menjawab semua pertanyaan maka semakin bagus juga penilaiannya. 

2. Susun Skripsi Serapi Mungkin dan Sesuaikan dengan Ketentuan

Semakin rapi skripsimu maka semakin mudah juga untuk dibaca maupun dipahami. Dosen biasanya sangat menyukai skripsi mahasiswa yang rapi dan sesuai ketentuan. Kerapian skripsi juga menjadi salah satu penilaian. 

Biasanya ketika seminar, apabila skripsimu sangat berantakan maka dosen akan menyampaikannya dalam seminar. Oleh karena itu, kerapian tulisan harus kamu perhatikan. Buat serapi mungkin dan sesuaikan ketentuan. Kamu bisa melihat lihat buku panduan atau melihar referensi dari skripsi kating. 

3. Sering Melakukan Bimbingan

Salah satu hal yang paling penting adalah kamu harus sering bimbingan. Hal ini agar dosen pembimbing mengetahui progres skripsimu. Semakin dosen percaya sama kamu, maka semakin besar kemungkinan kamu mendapat nilai yang tinggi. 

Semakin sering bimbingan, juga semakin bagus skripsimu. Hal ini karena setiap bimbingan dosen akan memberikan saran untuk perbaikan skripsimu. 

4. Mengikuti Setiap Saran Dosen  dan Lakukan Revisi Sebaik Mungkin

Setiap bimbingan pasti dosen akan memberikan saran maupun revisi untuk perbaikan skripsimu. Ikuti setiap saran yang diberikan dan tanyakan apabila ada yang belum kamu pahami. 

Hal ini juga berlaku ketika seminar proposal, seminar hasil, maupun kompre. Ikuti setiap saran yang diberikan dosen pembimbing maupun penguji. Apabila ada perbedaan dari keduanya maka diskusikan dengan dosen pembimbing. Kemudian lakukan perbaikan sesuai saran yang diberikan.

5. Bersikap Sopan dan Santun Dengan Dosen

Jaga hubungan yang baik dengan semua dosen khususnya dosen pembimbing dan dosen pengujimu. Bersikap sopan dan santun baik saat bimbingan maupun saat ujian. Hal ini karena sikap menjadi salah satu aspek penting yang dinilai dosen. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Kerjakan skripsimu sebaik mungkin. Sering-seringlah membaca referensi jurnal dan skripsi kating. Semangat untuk pejuang skripsi. 



Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url