Kamu Sedang Mencari Referensi Penyusunan Skripsi? Hindari 3 Situs Ini

        Ketika menyusun skripsi tentu membutuhkan banyak referensi. Baik itu untuk mencari teori, metode, maupun melihat alur penelitian terdahulu dengan topik yang sama. Hal yang perlu kamu ingat adalah skripsi termasuk karya ilmiah. Oleh karena itu, skripsi harus berisikan informasi yang logis, kredibel, dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal ini menuntut skripsi harus didukung oleh berbagai referensi yang kredibel. Kamu tidak boleh menggunakan situs yang sembarangan. Hal ini untuk menghindari ketidakbenaran data dan memastikan data maupun informasi yang kamu gunakan sudah benar. 

Baca juga : Rekomendasi Sumber Referensi untuk Penyusunan Skripsi

        Referensi yang tidak kredibel akan membuat skripsimu kurang terpercaya dan bahkan ada banyak kerancuan informasi di dalamnya. Bisa juga nanti dosen pembimbing maupun pengujimu akan membantaimu terkait hal ini. Pasti kamu tidak menginginkan hal tersebut kan? Untuk itu ketika kamu sedang mencari referensi, hindari 3 situs berikut.

1. Situs blogspot

        Situs pertama yang harus kamu hindari adalah blogspot. Situs ini tergolong blog pribadi sehingga siapapun bisa menulis di blogspot. Bahkan penulisnya pun juga kurang jelas dan tidak diketahui secara pasti kredibilitasnya. Oleh karena itu, informasi yang ada di dalam blogspot tidak bisa dijadikan sumber referensi. Jadi, jangan sekali-kali mengutip informasi dari blogspot ke dalam skripsimu. Situs ini biasanya ditandai dengan blogspot.com

2. Wikipedia

    Wikipedia merupakan salah satu situs yang menyediakan banyak informasi pengetahuan. Namun, wikipedia bersifat Open Source sehingga informasi di dalamnya bisa diubah kapan saja. Hal ini membuat informasi di dalamnya mengandung keraguan dan harus dihindari sebagai referensi skripsi. Ini menjadi salah satu blog yang dilarang dosen untuk dijasikan sumber referensi. 

3. Website tidak resmi (non pemerintah)

         Selain kedua situs di atas, situs yang harus kamu hindari untuk mencari referensi skripsi adalah website tidak resmi. Sebaiknya gunakan website pemerintah karena informasi di dalamnya dipastikan sudah valid. Contoh website tidak resmi adalah nama.comnama.net, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebanyakan website tersebut merupakan situs pribadi. Meskipun informasi yang diberikan cukup banyak, tetapi kevalidan informasinya diragukan sehingga perlu dihindari untuk referensi skripsi.

       Jadi, hindari 3 situs di atas ketika mencari referensi skripsi. Sebaiknya gunakan artike jurnal, website pemerintah, buku, dan skripsi terdahulu sebagai sumber referensi karena informasi di dalamnya bisa dipercaya dan lebih kredibel. Semoga bermanfaat. Salam pejuang skripsi!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url