5 Tips Agar Bisa Mencintai Diri Sendiri

Motivation Letter

5 Tips Agar Bisa Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri


Siapakah orang yang selalu ada untukmu?Ini adalah sebuah pertanyaan yang mungkin setiap orang jawabannnya akan berbeda. Akan ada yang menjawab ayah , ibu , kakek, nenek, kakak ataupun sahabat. Ya itu jawaban yang benar, tetapi jangan lupa bahwa ada orang yang lebih dekat daripada mereka. Dia yang selalu ada dan terus bersamamu. Bisa menebak dia siapa? Jika tebakanmu adalah diri sendiri, ya kamu benar, sangat benar. Jangan pernah lupa akan itu.

Mungkin ada yang menganggap bahwa dirinya tidak hebat, lemah, tidak mampu apa - apa. Tetapi, sebelum kamu mengjudge dirimu sendiri cobalah untuk mengenali siapa dan bagaimana dirimu itu?Sederhananya begini, ketika kamu tidak bisa melakukan satu hal , ingatlah pasti kamu bisa melakukan satu hal yang lain.

Jadi ketika kamu tidak mampu melakukan sesuatu , itu bukan berarti dirimu lemah. Hanya saja itu mungkin bukan passionmu sehingga kamu harus belajar lebih untuk hal itu. Kamu hebat, tapi hanya saja belum menemukan tempat yang tepat . Jika kamu sudah menemukan maka kamu akan berkata seperti ini owalah ini toh yang aku cari selama ini. Dan kamu akan baru menyadari bahwa dirimu itu hebat, tetapi jika kamu menghargainya nanti maka kamu akan terlambat. Kamu akan tertinggal jauh dengan teman - temanmu.

Maka dari itu, sedari dini haruslah kita belajar untuk bisa menghargai dan mencintai diri sendiri.

Lalu, bagaimana langkah untuk bisa menghargai dan mencintai diri sendiri?
Ini dia jawabannya.

1.Kenali dulu dirimu itu siapa dan bagaimana

Di atas tadi udah sedikit di bahas bukan mengenai siapa dan bagaimana dirimu. Pada intinya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Cari tau dulu, dirimu itu passionnya apa dan minat bakatnya dimana. Setiap orang pasti punya kok tetapi hanya berbeda porsi aja. Ketika kamu udah tau siapa kamu dan bagaimana kamu, maka titik awal dalam mencintai diri sendiri bisa dimulai.

2. Tanamkan pada pikiran bahwa " Kelebihan adalah anugerah dan Kelemahan bukanlah hambatan "

Kan tadi udah disebutin kalo harus kenal sama diri sendiri. Nah, kalo udah kenal berarti tau dong apa kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan adalah suatu anugerah maka gunakan kelebihan untuk bisa melakukan hebat dan tentunya berguna juga buat orang lain. Dalam langkah , pasti pernah dong ngrasa yah aku nggak bisa nih, aku lemah banget di bidang ini. Tapi jangan jadikan kelemahan ini menjadi sebuah hambatan, tapi jadikan motivasi untuk belajar ataupun meminta bantuan pada orang lain. Itulah salah satu gunanya kelemahan, untuk bisa saling membantu dengan orang lain.

3. Optimalkan sisi lebihmu

Kelebihan itu hampir sama dengan bakat. Seseorang yang punya bakat di bidang tertentu harus dimanfaatkan dan di asah. Misal memang bakat nya tidak sesuai dengan pekerjaan yang dimilikinya ya gk masalah. Mungkin sisi lebihnya bisa digunakan untuk membantu orang lain yang tidak memiliki kemampuan.

4. Bersyukur dengan diri sendiri

Hargailah apapun yang kamu dapatkan .
Syukurilah apapun yang kamu miliki.
Sering - sering lah melihat ke bawah jangan cuma ke atas aja. Kalo liat ke atas itu buat nyari motivasi dan semangat aja. Biar bisa yakinin diri bahwa mereka aja bisa kenapa kita enggak.Memang memandang ke atas itu penting, tapi sesekali memandang ke bawah itu juga perlu loh, bahkan sangat diperlukan. Jadi jangan lupa untuk liat ke bawah, banyak orang yang gak seberuntung kita. Maka dari itu, bersyukurlah akan diri sendiri.

5. Seringlah untuk memberi semngat pada diri sendiri

Semua orang pasti butuh semangat. Tapi ingatlah, gak ada penyemangat paling hebat kecuali dirimu sendiri. Kok bisa gitu gimana sih?? Contohnya seperti ini ketika dari dalam diri kita bener - bener kehilangan semangat dan kamu tidak sedikitpun memberi semangat pada diri kamu sendiri maka meskipun orang lain memberi semangat pada kita tetap saja akan susah membuatmu bisa kembali semangat. Tapi ketika kamu yang berupaya untuk memberi semangat maka dari dalam diri akan tumbuh semangat juga.  Bahkan meskipun hanya dirimu yang menyemangati , itupuk pasti akan berefek sangat besar untuk dirimu sendiri.So teruslah memberi semangat pada dirimu sendiri !!

Nah itu ada 5 tahapan yang bisa dilakukan agar bisa menghargai dan mencintai diri sendiri. So, hargai dan cintai dirimu sendiri !

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Rlnd
    Rlnd 4 Oktober 2020 pukul 09.14

    Semangat mukti novita

    • Mukti novita
      Mukti novita 4 Oktober 2020 pukul 13.12

      Siapp terimakasih

Add Comment
comment url