Pentingnya Mental Health di Masa Kini


Kesehatan adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia . Bahkan kesehatan juga menjadi titik awal dari setiap aktivitas / kegiatan yang akan dilakukan oleh manusia. Karna itu, kesehatan sangat diperlukan dan tidak bisa terlepaskan dari kehidupan. Pembahasan mengenai kesehatan itu sangat luas, salah satunya mengenai mental health atau yang jika diartikan dalam Bahasa  Indonesia bermakna kesehatan mental. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan kesehatan mental itu?

Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.

Kemudian, jika menurut Kemkes.go.id kesehatan mental adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Itulah definisi dari kesehatan mental. Apabila dipahami dari definisi di atas, berarti ketika  memiliki kesehatan mental yang baik maka seseorang  akan mampu mengendalikan  stres dalam dirinya sehingga stres ini tidak akan menganggu kehidupan seseorang tersebut. Atau bisa dikatakan bahwa kehidupannya akan berjalan dengan semestinya,jiwanya akan  merasa tenang dan tenteram, sehingga bisa terus produktif dan bisa berbaur dengan orang - orang sekitarnya.

Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental sangat penting pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa. Kesehatan mental memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. 

Di zaman  kini banyak ditemukan berbagai kasus yang berhubungan dengan gangguan mental. Bahkan biasanya yang sering menjadi perbincangan adalah kasus bunuh diri yang dialami oleh remaja. Sangat miris memang, generasi muda yang seharusnya bisa menjadi penerus bangsa malah terjerumus ke dalam masalah yang begitu memprihatinkn .Membicarakan mengenai bunuh diri,  sebenarnya apa sih penyebab seseorang bisa bunuh diri? Kalau membicarkan masalah penyebab, pastilah alasan setiap orang itu tidak sama. Tapi salah satu yang penyebabnya adalah aspek yang berhubungan dengan kesehatan mental yaitu stres. Ketika mental seseorang terganggu atau bisa dikatakan bahwa kesehatan mental nya sedang tidak baik maka jiwa seseorang akan mudah untuk terguncang.   

Lalu apasih gangguan mental itu??Gangguan mental atau penyakit mental adalah gangguan serius yang dapat mempengaruhi pemikiran, mood, dan perilaku seseorang. Terdapat banyak jenis dari gangguan mental dan gejala yang bervariasi seperti anoreksia, depresi, gangguan kecemasan, gangguan adiksi, skizofrenia, dan lainnya.

Gejala gangguan mental

Beberapa gejala awal dari gangguan pada kesehatan mental berupa:

  1. Merasa putus asa
  2. Merasa menjadi pelupa, bingung , cemas, marah, takut yang tidak seperti biasanya
  3. Kurang berenergi
  4. Merasa mati rasa atau tidak ada yang berarti
  5. Mengalami perubahan mood (mood swing) yang parah
  6. Memiliki pemikiran yang peristen tetapi tidak bisa diungkapkan
  7. Makan atau minum terlalu sedikit atau.banyak
  8. Merokok / meminum alkohol lebih dari biasanya
  9. Mulai menarik diri dari aktivitas umumatau yang berhubungan dengan orang lain
  10. Berpikir untuk menyakiti diri sendiri ataupun orang lain

Sebaiknya seseorang yang sudah memiliki gejala gangguan mental berat segera mencari pertolongan profesional. Terlebih lagi jika penderita yang yang menunjukkan gejala memiliki keinginan bunuh diri dapat melukai diri sendiri dan orang lain 

Pencegahan Gangguan Mental

Mencegah terjadi gangguan mental dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan mental yang positif, seperti:

1. Tanamkan  pemikiran yang positif

Langkah yang pertama adalah dimulai dengan berpikirlah positif pada setiap masalah yang datang. Terus berusaha untuk mengontrol pemikiran dan mengupayakan agar selalu percaya bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya dan semuanya pasti akan baik - baik saja. Tanamkan pada pemikiran bahwa kita bisa, kita mampu, dan semua masalah akan bisa teratasi. Bayangkan semua masalah ada dalam genggaman dan pasti akan bisa untuk diselesaikan.

2. Bersihkan hati dari hal - hal buruk

Setelah pemikiran kita sudah positif dan mampu berpikir jernih, maka langkah selanjutnya adalah bersihkan hati agar tidak gampang marah, tidak gampang terpengaruh dengan hal - hal buruk dan juga lebih bisa mengendalikan perasaan kecewa apabila datang sebuah masalah.

3. Bagikan pada orang terdekat

Apabila merasa diri sendiri tidak mampu, maka ceritalah pada orang terdekat. Apalagi, kalau muncul  beberapa gejala awal gangguan mental sangat diperlukan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Jangan dipendam sendiri.

4. Jaga kondisi tubuh

Kondisi mental sangat penting, tetapi kesehatan fisik juga sangat perlu. Karna kondisi mental juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan fisik. Jaga pola makan dan pola tidur. Upayakan untuk olahraga dan melakukan aktivitas - aktivas yang menyenangkan (rekreasi). Agar pikiran tidak gampang stres dan terhindar dadi gejala gangguan mental.

Itulah beberapa upaya pencegahan dari gangguan mental. Tetapi apabila sudah timbul gejala dan mungkin orang sekitar tidak mampu untuk membantu.Sebaiknya seseorang yang sudah memiliki gejala gangguan mental segera mencari pertolongan profesional. Terlebih lagi jika penderita yang yang menunjukkan gejala memiliki keinginan bunuh diri dapat melukai diri sendiri dan orang lain.

Pentingnya Mental  Health

Atas pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa seseorang yang telah memiliki gejala gangguan mental (kesehatan mental telah terganggu)  maka akan berpotensi besar untuk menjadi gangguan mental yang berat. Untuk itu sangat diperlukan adanya upaya - upaya pencegahan agar tidak terjadi yang demikiran, itulah mengapa kesehatan mental itu begitu penting apalagi untuk  di masa seperti ini. Nah, kesehatan mental sangat  penting agar kehidupan seseorang berjalan dengan semestinya,jiwanya akan merasa tenang dan tenteram, sehingga bisa terus produktif dan bisa berbaur dengan orang - orang sekitarnya.



Next Post
8 Comments
  • Mentari
    Mentari 2 Oktober 2020 pukul 12.43

    Wah bagus kak penjelasan ini. Jadi paham sekarang tentang mental. Thank you for information.

    • Mukti novita
      Mukti novita 2 Oktober 2020 pukul 16.44

      Okayy
      Thanks too for your comment.

    • Unknown
      Unknown 2 Oktober 2020 pukul 17.30

      Terimakasih informasinya sangat bermanfaat 👋

    • Mukti novita
      Mukti novita 4 Oktober 2020 pukul 13.14

      Sama ".Terimakasih juga atas komentarnya.

  • Unknown
    Unknown 2 Oktober 2020 pukul 17.29

    Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    • Mukti novita
      Mukti novita 4 Oktober 2020 pukul 13.14

      Sama ".Terimakasih juga atas komentarnya

  • FIRZA SYAMSA
    FIRZA SYAMSA 7 Oktober 2020 pukul 22.05

    sangat bermanfaat sekali Kak, jadi lebih memahami tentang pentingnya menjaga kesehatan mental...terima kasih Kak

    • Mukti novita
      Mukti novita 11 Oktober 2020 pukul 17.27

      Iya sama ". Terimaksih juga atas komentarnya kak.

Add Comment
comment url