Simak Yuk! Cara Mudah Upload File PDF ke Postingan Blog

         Sebagai seorang blogger yang masih cukup pemula, tentunya banyak hal yang harus terus dipelajari agar blog yang dimiliki bisa terus berkembang. Biasanya sebagai pemula, blog yang dibuat menggunakan web blogspot atau blog gratis yang disediakan oleh Google. Hal ini menyebabkan fitur yang dimiliki tidak selengkap blog yang menggunakan domain berbayar seperti com, id, net, dan lain sebagainya. Namun, blogger harus mampu berpikir kreatif sehingga blog yang dibuat pada blogspot bisa maksimal. Salah satunya dengan menambahkan file PDF pada postingan di blog. Hal ini dapat lebih memudahkan pembaca dalam memahami artikel kita. 

Cara menambahkan file PDF ke postingan blog cukup mudah. Mari kita simak caranya berikut

1. Upload file PDF pada Google Drive. Kemudian, buka file yang telah diupload. Pastikan link dapat diakses oleh semua orang. Caranya dengan klik tanda titik tiga, kemudian pilih Bagikan. Ubah akses umum menjadi Siapa saja yang memiliki link. Untuk peranan bebas, tetapi disarankan sebagai Pelihat.

2. Kemudian, Pilih tanda titik tiga kembali dan klik Buka di Jendela Baru.

3. Pada tampilan jendela baru yang telah dibuat, pilih tanda titik tiga kembali. Kemudian, klik Sematkan Item. Ketika opsi ini dipilih maka secara otomatis akan muncul link HTML (ini merupakan link dari file PDF kita. Kemudian, copy link HTML tersebut. 

3. Buka halaman utama di blogger dan buat postingan baru
4. Ubah tampilan menjadi HTML (pada gambar pensil di bagian paling kiri) dan Paste link HTML yang telah dicopy pada halaman blog (untuk menambahkan tulisan lain ganti ke tampilan menulis). 
5. Untuk mengecek sudah teruploadnnya file PDF buka Pratinjau atau bisa langsung pilih Publikasikan. Ketika sudah berhasil maka tampilannya seperti di bawah ini. 
Semoga cara di atas dapat berhasil dan semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url