Kamu Mau Sempro? Simak Nih 4 Poin Utama yang Harus Ada dalam PPT-mu

NOPHYTTA - Seminar Proposal atau biasa dikenal dengan sempro secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu tahapan dimana mahasiswa harus mempresentasikan proposal yang telah dibuat sebelum dilakukannya penelitian. Proposal yang dipresentasikan berisi Bab Pendahuluan hingga Bab Metode Penelitian.

Untuk mempermudah dalam presentasi proposal, biasanya mahasiswa diwajibkan membuat PPT yang berisi poin-poin penting dalam proposal penelitian yang sudah dibuat. Buat kamu yang mau sempro tapi masih bingung apa aja sih poin-poin penting yang harus dicantumkan dalam PPT, mari simak pembahasan berikut. 

4 Poin Utama yang Harus Ada dalam PPT SEMPRO

  1. Latar Belakang. Poin utama yang harus ada dalam PPT adalah latar belakang. Pada bagian ini cantumkan permasalahan-permasalahan atau gap penelitian yang mendasari perlunya dilakukan penelitian. Pada latar belakang, cantumkan berupa poin-poinnya saja. Jangan dibuat paragraf, tetapi buat menjadi poin-poin yang ringkas. 
  2. Tujuan Penelitian. Poin yang kedua adalah tujuan penelitian. Isi tujuan penelitian hampir sama dengan rumusan masalah sehingga cukup ditulis salah satu saja. Sebaiknya ditulis tujuan penelitiannya saja. Pada bagian ini cukup disamakan dengan yang ada di proposal, tidak perlu mengubahnya. 
  3. Kerangka Pemikiran Penelitian. Kemudian, poin yang juga paling penting adalah kerangka pemikiran penelitian. Kerangka pemikiran ini sangat penting karena berisi gambaran alur penelitian mulai dari gap penelitian, permasalahan, tujuan, variabel penelitian, metode analisis, hingga goals yang ingin dicapai. Kerangka pemikiran bisa dibuat dalam bentuk bagan sehingga mudah dipahami oleh audiens. Cukup cantumkan bagan saja dalam slide PPT. Kemudian, penjelasannya bisa kamu sampaikan saat presentasi.
  4. Metode Penelitian. Poin terakhir adalah metode penelitian. Pada bagian ini, berisi ringkasan dari setiap sub bab dalam bab metode penelitian. Mulai dari pendekatan penelitian, penentuan lokasi dan waktu penelitian, metode penentuan sampel, metode pengumpulan data, dan metode analisis data. Sampaikan setiap sub bab secara ringkas, cukup cantumkan poin pentingnya saja dalam PPT. 
 
Poin penting dari proposal penelitian yang dicantumkan dalam PPT cukup 4 itu saja. Namun, apabila menghendaki untuk ditambahkan poin lain boleh saja. Disesuaikan juga dengan waktu presentasi. Biasanya hanya dibatasi sekitar 7-10 menit saja, sehingga memang perlu untuk mencantumkan poin pentingnya saja. 

Apabila memang dirasa waktunya memungkinkan bisa ditambah dengan poin lain, tapi bersifat opsional. Secara umum, 4 poin di atas sudah cukup. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Salam pejuang skripsi!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url